Martapura FC

PERJALANAN LASKAR SULTAN ADAM

Martapura FC didirikan tahun 2009 oleh para pecinta sepakbola yang ada di kota Martapura, resmi menjadi anggota PSSI pada tanggal 11 Maret 2009 sesuai hasil Kongres PSSI di Bandung dan langsung mengikuti kompetisi Divisi III (tiga) Liga Indonesia XV Tahun 2009. Dengan persiapan yang minim untuk mengikuti Kompetisi Divisi III untuk pertama kalinya pada bulan April 2009, Martapura FC masih belum bisa memberikan prestasi yang membanggakan.

Belajar dari kegagalan pada tahun pertama, saat mengikuti kompetisi Divisi III (tiga) Liga Indonesia XVI tahun 2010 Martapura FC menyiapkan tim dengan lebih baik dan berhasil meraih prestasi sebagai Juara 1 zona Kalimantan Selatan, selanjutnya meraih prestasi Juara 1 zona Kalimantan serta berhak mengikuti putaran tingkat nasional bertempat di Stadion Bea Cukai Rawamangun Jakarta. Hasil akhir kompetisi Divisi III Liga Indonesia XVI Tahun 2010, Martapura FC berhasil meraih peringkat 5 (lima) nasional. Dari hasil ini, Martapura FC berhak naik kasta dengan promosi ke Divisi II (dua) Liga Indonesia XVII Tahun 2011 sekaligus berhak mendapatkan 1 hak suara dari 100 hak suara pada Kongres PSSI Tahun 2011 yang merupakan forum tertinggi untuk menentukan perjalanan persepakbolaan nasional. Pada Kongres PSSI Tahun 2011 ini dilaksanakan Pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan Anggota Exco (Executive Committee) PSSI Periode tahun 2011-2015.

Pada kompetisi Divisi II (dua) Liga Indonesia XVII yang baru bisa dilaksanakan tahun 2012 dikarenakan kisruh dualisme federasi sepak bola Indonesia, Martapura FC mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah zona Kalimantan yang bertempat di Lapangan Brimobda Kalimantan Selatan. Selain sukses sebagai tuan rumah, Martapura FC kembali sukses meraih Juara 1 zona Kalimantan Divisi II Liga Indonesia XVII serta berhak untuk mengikuti putaran nasional Divisi II Liga Indonesia XVII bertempat di Stadion Kopassus Cijantung Jakarta. Martapura FC berhasil meraih prestasi peringkat 3-4 nasional Divisi II Liga Indonesia XVII. Dari hasil ini, Martapura FC berhak naik kasta dengan promosi ke Divisi I (satu) Liga Indonesia XVIII Tahun 2013.

Pada pelaksanaan Putaran I Kompetisi Divisi I (satu) Liga Indonesia XVIII Tahun 2013, Martapura FC berada pada Group 10 Zona Kalimantan yang diikuti oleh klub-klub dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Martapura FC kembali mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah yang bertempat di Stadion Demang Lehman Martapura. Selain sukses penyelenggaraan sebagai tuan rumah, Martapura FC kembali sukses meraih peringkat pertama zona Kalimantan sebagai Juara Group 10 kompetisi Divisi Satu Liga Indonesia XVIII Tahun 2013. Hasil ini mengantarkan Martapura FC untuk mengikuti Putaran II Nasional yang tergabung dalam Group 16 bersama 1 klub dari Kalimantan Timur yaitu Persikutim Kutai Timur dan 4 klub dari Papua yaitu Persinab Nabire, Persiwar Waropen, Persigubin Gunung Bintang dan Persisos Sorong Selatan. Penyelenggaraan pertandingan di Stadion Lebak Bulus Jakarta. Martapura FC berhasil meraih peringkat 1 sebagai Juara Group 16. Atas hasil ini Martapura FC melaju ke Putaran III babak 8 besar nasional. Pada putaran 8 besar Nasional,Divisi I ini Martapura FC tergabung satu group dengan Persinga Ngawi, Persida Sidoarjo dan Persigubin Gunung Bintang dan keluar sebagai Runner Up Group.

Hasil Kompetisi Divisi I (satu) Liga Indonesia ke XVIII Tahun 2013 ini yang merupakan kejuaraan paling bergengsi dan tertinggi pada Kompetisi Liga Sepakbola Amatir di Indonesia, Martapura FC menorehkan prestasi Peringkat III Nasional. Dengan hasil ini, Martapura FC berhak untuk naik kasta dengan promosi ke Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia XIX Tahun 2014 yang merupakan kompetisi sepakbola profesional kasta ke dua dibawah Indonesia Super League (ISL).